17 Oktober, 2013

Payakumbuh



1.        Kondisi Sosial Grafis
Masyarakat Kota Payakumbuh yang terdiri dari berbagai suku Minang, Jawa maupun dari berbagai kepercayaan yang berbeda, namun kehidupan bermasyarakat cukup kondusif. Hal ini dikarenakan warga masyarakat saling menghormati tanpa membedakan suku ataupun agama.
Apalagi masyarakat khususnya masyarakat Minang masih sangat menghormati dan menjunjung tinggi adat istiadat. Peran pemuka adat bagi masyarakat Minang sangat berpengaruh dalam kehidupan sosial masyarakat. Tokoh adat berperan sangat penting baik dalam upacara adat maupun menentukan peraturan intern di dalam perkumpulannya (suku yang merepa pimpin). Aturan itu wajib dan harus ditaati oleh semua warga masyarakat, bahkan kalau ada masyarakat yang melanggar akan dikenai sanksi, sesuai dengan tingkat kesalahan yang mereka lakukan bahkan pelanggaran berat bisa diusir/ dikeluarkan dari suku tersebut. Aturan tersebut seperti sudah ditetapkan dalam suku tersebut misalnya menikah dalam satu suku. Adapun secara adat kekuasaan dipegang oleh ....., di atasnya lagi dipegang oleh wali nagari membawahi beberapa jorong. Di masyarakat Minang yang berperan di tingkat kecamatan nama lembaga adat nagari.

2.        Pelayanan PMKS
Penyandang masalah kesejahteraan sosial yang di Kota Payakumbuh yang paling banyak adalah PKL miskin, sehingga pemerintah Kota Payakumbuh membentuk tim penanggulangan kemiskinan yang bertujuan untuk mengurangi angka kemiskinan. Inilah bentuk komitmen pemerintah Kota Payakumbuh untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat. Untuk itu, pemerintah melalui dinas sosial dan naker telah melakukan berbagai program menangani kemiskinan sebagai berikut :
a.    Pendidikan
Pemerintah Kota Payakumbuh sangat peduli terhadap pendidikan, karena pendidikan dianggap sangat penting karena melalui pendidikan akan melahirkan dan mencetak sumber daya manusia (SDM) yang bermoral, handal dan berkualitas. Guna mewujudkan hal tersebut pemerintah Kota Payakumbuh berusaha meningkatkan pelayanan pendidikan mulai sarana prasarana sekolah seperti gedung dan perlengkapannya serta meningkatkan kualitas tenaga pengajar/ guru seperti dengan diklat dan melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi lagi (S1, S2/ S3). Harapan pemerintah setelah terpenuhinya sarana prasarana yag memadai dan kualitas pendidik yang bermutu maka mutu pendidikandi kota ini akan lebih baik, sehingga diperoleh out put dengan tingkat kelulusan semakin baik dari segi kualitas kelulusan maupun jumlah kelulusan siswa.
Kebijakan pembangunan di bidang pendidikan diarahkan untuk meningkatkan pelaksanaan wajib belajar 9 tahun dan pemberian akses lebih besar kepada kelompok masyarakat yang selama ini kurang terjangkau oleh pendidikan. Pendidikan sehubungan dengan hal itu pemerintah berupaya memberikan pelayanan pendidikan bagi segenap warga masyarakat.
Selain itu pemerintah Kota Payakumbuh berusaha agar warga masyarakat usia sekolah wajib sekolah tidak terkecuali bagi keluarga miskin dan penyang disabilitas/ cacat. Khusus bagi keluarga miskin pemerintah payakumbuh telah memberikan beasiswa dari mulai SD hingga PTN bagi mereka yang berprestasi baik akademik maupun non akademik. Selain mendapat biaya operasional (BOS) dari pemerintah pusat. Sedangkan bagi penyandang disabilitas pemerintah payakumbuh telah memberikan pelayanan pendidikan dan tidak membeda-bedakan dengan yang normal, mereka diberikan diberikan kesempatan yang sama dapat masuk di sekolah umum. Pemerintah Kota Payakumbuh sejak ... telah merintis sekolah inklusif diperuntukkan bagi anak berkebutuhan khusus. Pemerintah mewajibkan sekolah umum menerima siswa dengan kebutuhan khusus mulai dari tingkat SD hingga SLA. Pemerintah bertanggungjawab terhadap fasilitas pendidikan bagi siswa berkebutuhan khusus seperti sarana prasarana untuk anak berkebutuhan khusus seperti dibuatkan jalan bagi penyandang disabilitas. Bahkan pemerintah Kota Payakumbuh membangun SLB Center sebagai sekolah percontohan, bahkan di Kota Payakumbuh dijadikan tempat diklat bagi guru SLB, juga menjadi pusat untuk mencetak buku dan soal-soal bagi sekolah SLB di wilayah Sumatera.
Jumlah Sekolah Di Kota Payakumbuh
No
Jenis Sekolah
Jumlah
1
TK/ PAUD
78
2
SD/ MI
75
3
SMP/ MTs
70
4
SMA/ MAN
17
5
SMK (Sekolah Menengah Kejuruan)
12
6
Akademi/ Perguruan Tinggi
8

Pelayanan Kesehatan
Dalam rangka meningkatkan taraf kesehatan masyarakat, pemerintah kota Pyakumbuh telah melakukan berbagai upaya melalui program pelayanan kesehatan. Upaya yang telah ditempuh pemerintahyaitu berusaha meningkatkan pelayanan bagi masyarakat yang membutuhkan layanan keshatan, juga meningkatakan sarana prasarana guna kelncaran layanan kesehatan  bahkan pemerintah juga memberikan layanan gratis bagi masyarakat yang kurang beruntung atau keluarga miskin. Bagi masyarakat kurang mampu atau dari keluarga miskin yang tidak mempunyai kartu jaminan kesehatan (jamkemas) biaya pengobatan gratis ditanggung oleh pemerintah kota Payakumbuh. Bagi masyarakat pemegang kartu jamkemas dan jamkesda bila berobat ke  puskesmas maupun berobat ke rumah sakit daerah gratis. Bagi masyarakat pemegang kartu sehat bila mau berobat ke rumah sakit umum kota Payakumbuh harus mendapat rujukan dari puskesmas terlebih dahulu dan apabila harus opname biaya gratis syaratnya di bangsal kelas III.
Selain itu bagi masyarakat dari keluarga kurang mampu pemegang kartu jampersa, keluarga yang mempunyai ibu hamil juga dibebaskan biaya persalinan.
          Sedangkan untuk menjaga kesehatan lingkungan keluarga pemerintah kota Payakumbuh melalui pragram yang telah dilaksanakan oleh Dinas Kesehatan  yaitu jambanisasi. Program ini ditujukan kepada setiap keluarga harus memiliki jamban atau WC .
Jumlah Fasilitas Layanan Kesehatan Kota Payakumbuh
No
Fasilitas Layanan Kesehatan
Jumlah
Negeri
Swasta
1
Rumah Sakit Umum Kota Payakumbuh
1
-
2
R S I
-
1
3
Puskemas
6
-
4
Puskesmas Pembantu
23
-
5
Puskesmas Keliling
6
-
6
Posyandu
-
162
7
Polides
1
-
8
Rumah Sakit Bersalin
-
5
9
Apotik
-
12
10
Toko Obat
-
15
11
Praktik Dokter Bersama
-
1
12
Praktik Dokter Perorangan
-
79
13
Bidan Praktik
-
66

1.    Program Lanjut Usia
Dikatakan lanjut usia apabila seseorang telah memasuki usia lebih 60 tahun menurut BPS, Jumlah lanjut usia di Kota Payakumbuh sebanyak               jiwa. Pelayanan yang telah diberikan oleh pemerintah Kota Payakumnbuh melalui Dinas Sosial dan Tenaga Kerja melalui proram yang telah dilaksanakan adalah berupa bantuanyang bersiafat dan bantuan modal usaha ekonomi produktif ( UEP )  Bantuan modal usaha ekonomi produktif diberikan kepada lanjut usia yang masih produktif dan mempunyai usaha kecil. Pemerintah melelui dinas Sosial dan Naker telah memberikan bantuan kepada 6 orang lanjut usia, masing-masing lanjut usia menerina bantuan sebesar Rp5.000.000,- Sedangkan bantuan yang bersifat permanen diberikan kepada lanjut usia yang tiadak produktif / lanut usia yang sudah tidak mampu beraktivitas sama sekali dengan kata lain mereka sudah jompo. Dana bantuan yang bersifat permanen berasal dari kementerian sosial  melalui Dinas Sosial Naker. Adapun besarnya bantuan yang bersifat permanen adalah sebesar Rp300.000,00/ orang, untuk tahun anggaran 2012 Kota Pyakumbuh telah memberikan bantuan kepada lansia (lanjut usia) yang tidakm produktifadalah sebanyak 60 orang.
2.    Program Wanita Rawan Sosial Ekonomi (WRSE)
Program pelayanan ini diberikan kepada wanita rawan sosial ekonomi, Dinas Sosial Naker Kota Payakumbuh telah melaksanakan program pemberdayaan kepada WRSE pemberdayaan WRSE meliputi kegiatan bimbingan keterampilan, usaha ekonomi produktif (UEP) dengan melalui program kelompok usaha bersama (KUBE). KUBE beraknggotakan 10 – 20 semua anggotanya perempuan, KUBE bergerak dalam bidang usaha ekonomi produktif dengan jenis usahanya home industry/ industri rumah tangga yaitu membuat makanan khas daerah Kota Payakumbuh berupa keripik singkong. Keripik singkong dipilih karena bahannya mudah didapatkan di sekitar lingkungannya dengan harga yang relatif murah karena daerah tersebut merupakan daerah penghasil singkong. Pemerintah melalui Dinas Sosial Naker selain memberikan bantuan juga memberikan bantuan stimulan berupa barang peralatan yang diperlukan untuk memperlancar proses produksi. Diharapkan dengan pemberian peralatan tersebut proses produksi meningkat baik jumlah maupun dari segi kualitas. Dengan meningkatnya kualitas dan kuantitas produksi diharapkan pendapatan/ penghasilan mereka juga meningkat sehingga dapat memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari dan pada akhirnya mereka dapat hidup sejahtera.

Program Pelayanan Anak Terlantar
Program yang telah dilaksanakan dalam rangka penanganan anak terlantar sebagai berikut:
a.         Anak terlantar meliputi anak jalanan termasuk punk, pemerintah melalui dinas sosial naker dalam rangka penanganannya baru sebatas mendata dan membina kepada anak terlantar termasuk anak punk tersebut, setelah mereka dikembalikan kepada keluarga bagi yang masih memiliki keluarga atau dilindungi dinas sosial dan penanganan anak jalanan bekerja sama dengan Kekerabatan Adat Nagari (KAN).
Sedangkan penanganan anak jalanan yang tidak sekolah/ putus sekolah Dinas Sosial Naker bekerjasama dengan Balain Besar Pendidikan dan Pelatihan Kesejahteraan Sosial (BBP2KS) Padang. Bagi anak jalanan/ putus sekolah usia SLTA dilatih keterampilan dan diberi bantuan usaha ekononi produktif (UEP) diharapkan anak tersebut dapat hidup mandiri.
Khusus bagi anak cacat berat, pemerintah pusat dalam hal ini Kementrian Sosial melalui Dinas Sosial Naker memberikan jaminan sosial sebesar Rp300.00,00 per anak. Untuk tahun anggaran 2012 anak cacat berat yang menerima jaminan sosial sebanyak 25 anak.

Program Pelayanan Tenaga Kerja
Dinas Sosial Naker mempunyai tanggung jawab dan tugas sebagai berikut :
1.         Memberikan pelayanan antara lain :
a.    Memberikan informasi tentang lowongan kerja dan penyuluhan
b.    Memberikan pelayanan kepada masyarakat pencari kerja (Kartu kuning) AK1
c.    Memberikan pelayanan berupa pendidikan dan keterampilan bagi anak untuk sekolah, ibu rumah tangga dan keluarga miskin. Adapun jenis pendidikan dan pelatihan yang diberikan yaitu menjahit dan otomotif. Setelah mereka selesai mengikuti pendidikan dan pelatihan, dari Dinas Sosial Naker memberikan sertifdikat dan bantuan peralatan berupa mesin jahit dan peralatan bengkel. Untuk tahun anggaran 2012 Dinas Sosial Naker melaksanakan pendidikan dan pelatihan keterampilan bagi 16 orang.
2.         Mencari informasi ke perusahaan/ lembaga tentang lowongan pekerjaan yang dibutuhkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar