Sekretaris yang Efektif
Seorang
sekretaris mengemban tugas dan tanggung jawab yang kompleks seiring dengan
tugas dan tanggung jawab si bos yang kompleks. Karena itu sekretaris haruslah
memiliki kualitas personal dan kompetensi yang memadai. Berikut ini adalah lima
kualitas dan kompetensi yang harus dimiliki seorang sekretaris agar ia mampu
mengemban tugas-tugasnya secara efektif.
Networking & Relationship
Kemampuan untuk
membangun relationship merupakan kompetensi dasar yang harus dimiliki oleh
seorang sekretaris. Seringkali bos mengandalkan sekretaris dalam berhubungan
dengan berbagai pihak baik kolega, bawahan, maupun atasan. Untuk bisa mengemban
fungsi ini seorang sekretaris harus memiliki kemampuan networking dan
relationship yang mumpuni.
Multi-Tasking
Melakukan
beragam pekerjaan dalam waktu bersamaan merupakan hal yang krusial bagi seorang
sekretaris mengingat beban pekerjaan dari bos tak pernah kenal kompromi. Tak
hanya itu, seorang sekretaris yang efektif juga harus bisa membantu si bos
menangani beragam pekerjaan melalui manajemen waktu (time management) yang
baik.
Image
Penampilan
merupakan aspek yang sangat penting bagi seorang sekretaris yang efektif. Cara
kita berbicara atau berpakaian akan membentuk citra diri kita seperti apa.
Sebagai sekretaris, Anda dituntut untuk bisa membangun citra diri sebagai
seorang profesional yang mumpuni.
Learning & Growth
Seorang
sekretaris yang efektif harus selalu belajar dan mengembangkan pengetahuan dan
ketrampilannya untuk terus bertumbuh. Ingat, karena lingkungan pekerjaan yang
selalu dekat dengan bos, seorang sekretaris memiliki learning opportunity yang
sangat besar. Peluang ini harus secara cerdas ditangkap. Tak sedikit sekretaris
yang mampu memanfaatkan peluang ini sehingga karirnya melesat bahkan hingga
menduduki posisi eksekutif di perusahaan.
Adaptive
Karena seorang sekretaris memainkan perang
“penghubung” antara si bos dengan anak buah, kolega, maupun atasan, maka ia
harus bisa memahami sifat dan karakter mereka dan bisa membaca kondisi
lingkungan kerja yang dihadapi. Politik kantor adalah sesuatu yang lumrah
terjadi di dalam suatu perusahaan. Karena itu seorang sekretaris yang efektif
haruslah bisa membacanya dan mampu bermain cantik untuk mengurangi risiko
dampak buruknya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar